The Pride of The Indonesian Heritage hadir di Belanda

“The Pride of the Indonesian Heritage” Hadir di Belanda

Ditulis 19 Aug 2014 pukul 15:45 | Dilihat: 585

Semangat perayaan Hari Ulang Tahun RI ke-69 berkumandang hingga ke Negeri Kincir Angin. Setelah euforia Hari Kemerdekaan dilewati oleh Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2013, kali ini, acara bertajuk “The Pride of Indonesian Heritage” siap dilaksanakan pada 20-22 Agustus 2014 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Belanda. Tepatnya beralamat di Tobias Asserlaan 8, 2517 KC Den Haag.

 

Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Retno LP. Marsudi mengatakan bahwa event “The Pride of Indonesian Heritage”menjadi momentum tepat untuk mempromosikan dan mengakses hasil karya anak bangsa yang berasal dari kearifan lokal dan kekayaan budaya Indonesia ke pasar internasional.

 

Pengunjung dapat melihat pameran produk fashion dan handycraft yang diusung oleh dua desainer Tanah Air, yaitu: Denny Wirawan dan Tuty Cholid. Selain itu, terdapat juga kerajinan kain tenun dan batik, seni pahat kayu dan logam untuk dekorasi rumah, hotel dan perkantoran, perhiasan perak dan kreasi seni modern, serta produk kerajinan kulit untuk fashion dan gaya hidup. Sementara acara lainnya berupa resepsi diplomatik, forum diaspora dan business meeting  diselenggarakan untuk kalangan terbatas.

 

“The Pride of Indonesian Heritage”adalah sebuah program CCR (Corporate Community Responsibility) yang dihelat oleh PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) untuk mendukung industri kreatif mitra binaan Kampoeng BNI melalui diaspora yang berada di Belanda dan sekitarnya, seperti Swiss, Belgia, Jerman dan lainnya.

 

“The Pride of the Indonesian Heritage kami helat bersama KBRI Den Haag, Belanda sebagai upaya strategis mempromosikan dan memasarkan produk binaan Kampoeng BNI di luar negeri, khususnya di pasar Eropa.” kata Direktur Utama BNI, Gatot M. Suwondo.

 

Pihaknya ingin mempromosikan industri kreatif bangsa, serta secara berkelanjutan menjembatani para mitra dengan pasar Eropa dan pasar luar negeri lainnya melalui diaspora. Jaringan diaspora yang berada di Belanda dan negara-negara sekitarnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan prospek bisnis. Dalam kesempatan tersebut, BNI juga akan meluncurkan website www.kampoengbniglobal.com untuk kepentingan perdagangan internasional.

 

Sementara itu, KBRI di London juga telah melangsungkan acara memperingati HUT RI ke-69. Penyanyi-penyanyi dari Indonesia diundang untuk melantunkan lagu Tanah Air, seperti Sepasang Mata Bola dan Gebyar-Gebyar untuk membangkitkan rasa kebanggaan masyarakat Indonesia yang ada di Inggris. Tampil juga penyanyi Ana Aldiana yang mengawali debutnya sebagai penyanyi di Inggris. Ia berhasil membawa suasana Kemerdekaan Indonesia semakin meriah.

 

Lebih dari dua ribu masyarakat RI di Inggris mengikuti perayaan tersebut, mereka berbaur bersama Dubes Hamzah Thayeb dan Ny Lastry Thayeb. Acara di awali dengan upacara bendera di Wisma Nusantara di  Bishob’s Grove, kemudian dilanjutkan dengan berbagai perlombaan hingga bazaar yang menjual aneka makanan seperti rujak cingur, mie ayam, nasi rames, telur asin , kikil pedas, tape singkong, onde onde, lemper,rempeyek, dan masih banyak lagi.